PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD GMIM KUMELEMBUAI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca dengan menggunakan penerapan metode demonstrasi di kelas V SD GMIM Kumelembuai. Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dengan dua siklus. Masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar membaca teks percakapan siswa kelas V SD GMIM Kumelembuai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIM Kumelembuai dengan jumlah siswa 12 orang 7 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui catatan observasi dan hasil evaluasi yang dilakukan yaitu sejak pelaksanaan siklus satu sampai dengan siklus kedua. Analisis data dilakukan pada setiap akhir tindakan pada setiap siklus. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan tes dianalisis dengan perhitungan presentasi hasil belajar yang dicapai siswa.Sebagai kesimpulan berdasarkan analisis data, Metode Demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar membaca teks percakapan siswa kelas V SD GMIM Kumelembuai. Hal ini nampak pada hasil tindakan siklsu I mencapai nilai rata-rata 67,5% dan mendapat peningkatan hasil belajar pada tindakan siklus II dengan mencapai nilai rata-rata 88,3%.