PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SD GMIM 40 TANGGARI

Authors

  • Mutiara J. M. Lentey Universitas Negeri Manado
  • Joulanda A. M. Rawis Universitas Negeri Manado
  • Risal M. Merentek Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD GMIM 40 Tanggari dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi yang digunakan pada dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan langsung proses pembelajaran dan tes. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dihitung dengan menggunakan rumus ketuntasan belajar Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana pada siklus pertama hasil belajar siswa baru mencapai 62,5% sehingga dilanjutkan pada siklus yang kedua yang diperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat hingga 91,71% dari hasil ini Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar seiswa kelas V SD GMIM 40 Tanggari pada mata pelajaran IPS.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>