PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM SUBTEMA KOMPONRN EKOSISTEM DI KELAS V SD GMIM SENDANGAN

Main Article Content

Efraim C. Mangare
Deitje A. Katuuk
Mersty E. Rindengan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIM Sendangan pada Tema V Ekosistem Subtema 1 Komponen Ekosistem menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan awal peneliti di SD GMIM Sendangan kelas V dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang masih kurang. Karena itulah peneliti menggunakan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus dibagi menjadi 4 tahap : perencanaan,  tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD GMIM Sendangan yang berjumlah 10 siswa. Berdasarkan hasil observasi siklus I diperoleh informasi sebagai berikut. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 67,39%, hasil observasi aktivitas guru sebesar 80,43%, dan hasil belajar siswa diperoleh sebesar 69% atau belum mencapai hasil yang diharapkan, sedangkan hasil observasi diperoleh pada siklus II, yaitu hasil observasi aktivitas siswa sebesar 96,73%, hasil observasi aktivitas guru sebesar 91,30%, dan hasil belajar siswa sebesar 87%. Observasi, wawancara, tes dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan ketuntasan belajar pada setiap siklus dengan kriteria ketuntasan belajar  ≥ 75. Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut, siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Dengan demikian berdasarkan kesimpulan, peneliti mengemukakan saran, diharapkan guru kelas V dapat menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together

Article Details

Section
Articles