PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI SD GMIM 1 TOMOHON

Main Article Content

Mevenia Sandar
Harol R. Lumapow
Sarah S. N. Tombokan

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI SD Gmim 1 Tomohon yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif learning Tipe Make A Match dapat meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran IPS pada materi Mengidentifikasi Letak Negara-Negara ASEAN. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan MC Taggart dengan langkah-langkah berikut : Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleks. Penelitian ini disiapkan dalam I siklus, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Gmim 1 Tomohon dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila mencapai indikator keberhasilan 78%. Pada pelaksanaan siklus I presentase pencapaian indikator dapat dikatakan berhasil atau tercapai dengan presentase 82,14%. Jadi disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dengan menerapkan HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada mata pelajaran IPS siswa kelas VI SD Gmim 1 Tomohon. Dapat disarankan kepada guru agar sebaiknya menerapakan model pembelajaran ini dikarenakan sangat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles