PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARIPS DI KELAS IV SD GMIM 2 TONDANO

Authors

Keywords:

Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL), hasil belajar IPS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD GMIM 2 Tondano melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning CTL < em> Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IV SD GMIM 2 Tondano Desain penelitian yang digunakan yakni desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Teknik pengumpulan data melalui: lembar kegiatan siswa tes formatif siklus I dan II lembar pengamtan aktivitas belajar siswa Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning CTL < em>dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelaran IPS siswa apabila hasil belajar siswa mencapai rata rata kelas 75 persentase tuntas belajar klasikal 75 Hasil penelitian penerapan metode diskusi yang digunakan pada penelitian siklus pertama pada ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 60 dan nilai rata rata siswa sebesar 71 67 untuk itu dilanjutkan pada siklus kedua meningkat pada ketuntasan belajar siswa menjadi 100 dan nilai rata rata sebesar87 33 Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi pada siswa kelas IV di SD GMIM 2 Tondano dapat meningkatkan hasil belajar IPS Disarankan modelpembelajaran contextual teaching and learning CTL < em> diterapkan juga pada mata pelajaran lain agar dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa < p>

References

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)