PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARIPS DI KELAS IV SD GMIM 2 TONDANO

Main Article Content

Anastasia G. Lumingkewas
Mozes M. Wullur
Rommi J. Mondong

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD GMIM 2 Tondano melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IV SD GMIM 2 Tondano. Desain penelitian yang digunakan yakni desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data, melalui: lembar kegiatan siswa, tes formatif siklus I dan II, lembar pengamtan aktivitas belajar siswa. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelaran IPS siswa apabila, hasil belajar siswa mencapai rata-rata kelas ≥ 75, persentase tuntas belajar klasikal ≥ 75%. Hasil penelitian penerapan metode diskusi yang digunakan pada penelitian siklus pertama pada ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 60% dan nilai rata-rata siswa sebesar 71,67, untuk itu dilanjutkan pada siklus kedua meningkat pada ketuntasan belajar siswa menjadi 100% dan nilai rata-rata sebesar87,33. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi pada siswa kelas IV di SD GMIM 2 Tondano dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Disarankan modelpembelajaran contextual teaching and learning (CTL) diterapkan juga pada mata pelajaran lain agar dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles