PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD GMIM IV TOMOHON

Main Article Content

Aprillia Olewanua
Widdy H. F. Rorimpandey
Kartini Ester

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini berlokasi di SD GMIM IV Tomohon dengan subjek penelitian 32 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki, dan 16 siswa perempuan, data yang di ambil berupa hasil tes akhir siklus. Dari hasil penelitian penulis lakukan menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Hasil belajar siswa yang di peroleh dengan ketuntasan  pada siklus I dan 84,37% pada siklus II. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 43,75%. Berdasarkan hasil penellitian Tindakan kelas yang di uraiakan, maka dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>