PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD GMIM IV TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini berlokasi di SD GMIM IV Tomohon dengan subjek penelitian 32 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki, dan 16 siswa perempuan, data yang di ambil berupa hasil tes akhir siklus. Dari hasil penelitian penulis lakukan menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Hasil belajar siswa yang di peroleh dengan ketuntasan pada siklus I dan 84,37% pada siklus II. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 43,75%. Berdasarkan hasil penellitian Tindakan kelas yang di uraiakan, maka dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon.