PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS III SD INPRES PERUMNAS ULUINDANO

Main Article Content

Kyrie A. Akualing
Widdy H. F. Rorimpandey
Brianne E. J. Komedien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division di kelas III SD Inpres Perumnas Uluindano. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes kemudian dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukan ketuntasan belajar pada siklus I 69% dan siklus II 87,5%. Kesimpulan penelitian ini bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas III SD Inpres Perumnas Uluindano khususnya pada materi makhluk hidup.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>