PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 TOMOHON

Main Article Content

Gabrielle C. Lumatauw
Yulmi H. Mottoh
Margareta O. Sumilat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) di kelas IV SD Negeri 2 Tomohon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Yang menjadi subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri 2 Tomohon dengan jumlah siswa laki-laki 7 dan siswa perempuan 10 sehingga total keseluruhan adalah 17. Pengumpulan data penelitian menggunakan soal tes essai. Dari analisi pembelajaran yang telah diuraikan menunjuk bahwa Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 58,82% dengan nilai rata-rata 67,05 dan pada siklus II sebesar 93,12%, dengan nilai rata-rata 88,23 atau mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 34,3%. Selain hasil belajar meningkat, siswa juga merasa lebih bersemangat, mengikuti pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT). Dapat disimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Tomohon. Maka peneliti memberikan saran agar guru hendaknya menggunakan pembelajaran kooperati tipe numbered head together (NHT) sebagai alternatif dalam KBM mata pelajaran khususnya dan untuk semua mata pelajaran di SD Negeri 2 Tomohon.

Article Details

Section
Articles