PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Winni Saferli
Mersty E. Rindengan
Hetty J. Tumurang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SD GMIM Raanan Baru melalui penerapan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahap yaitu: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Partisipan dalam studi ini ialah 23 siswa kelas IV SD GMIM Raanan Baru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes tertulis dilakukan untuk mengukur kemampuan pemahaman siswa mengenai materi pelajaran yang diberikan. Teknik analisis data menggunakan Rumus KB=T/Tt  x 100. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I nilai rata-rata= 69,13% dan ketuntasan belajar 52,17% dan pada siklus II nilai rata-rata= 85,65% dan ketuntasan belajar 100%. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV SD GMIM Raanan Baru. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran agar pembelajaran dikelas makin berkembang.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3