Keputusan Pembelian Semen Dynamix pada Konsumen Toko Success Warehouse di Madiun: Peran Kualitas Produk dan Harga

Authors

  • Ardianus Paulus PSDKU Manajemen, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Handoko Handoko PSDKU Manajemen, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53682/mk.v4i1.6258

Keywords:

product quality, price, Purchase Decision

Abstract

Persaingan penjualan semen di Indonesia yang semakin ketat menyebabkan konsumen selalu membandingkan keterjangkauan harga dan kualitas produk yang mereka hasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen semen Dynamix di toko Gudang Sukses di Madiun. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen di toko Gudang Sukses Madiun yang berjumlah 99 responden. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji t parsial, kualitas dan harga produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen semen Dynamix di toko Gudang Sukses di Madiun.

 

Competition for cement sales in Indonesia is getting tougher, causing consumers to always compare affordable prices and the quality of the products they produce. The aim of this study was to examine the effect of product quality and price on the consumer's purchasing decision of Dynamix cement at the Success Warehouse store in Madiun. Respondents in this study were consumers at the Success Warehouse Madiun store, which totaled 99 respondents. The sampling technique was non probability sampling using purposive sampling. The technique of data analysis is multiple linear regression analysis. Based on the results of the partial t test, product quality and price have a significant positive effect on the purchasing decision of Dynamix cement consumers at the Success Warehouse store in Madiun.

References

Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Habibah, Ummu; Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol (1) 31-48.

Igir, Fitriani Gloria; Tampi, Jhony R.E; Taroreh, Henny. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol (6) 2.

Keegan, Warren J. (2014). Global Marketing. 4th Edition International Edition. Prentice Hall, USA.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid. 2. Jakarta: PT Indeks

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Malau, Herman. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran di Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Sari, Rissa Mutika; Prihartono. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kualitas Pembelian. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Bisnis). Vol (5) 3, 1171-1183

Setyaningrum, Ari. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: AndiOffset.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Ketiga. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Strategik (2nd ed.). Yogyakarta: ANDI.

(https://sig.id/, 2022). Diakses pada April 2022.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Paulus, A., & Handoko, H. (2023). Keputusan Pembelian Semen Dynamix pada Konsumen Toko Success Warehouse di Madiun: Peran Kualitas Produk dan Harga. Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 17-28. https://doi.org/10.53682/mk.v4i1.6258