Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian

(Studi pada PT Pos Indonesia Cabang Probolinggo)

Authors

  • Mutinda Teguh Widayanto Universitas Panca Marga
  • Abdul Haris Universitas Panca Marga
  • Lailatus Syarifah Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.53682/mk.v4i1.5821

Keywords:

Service Quality, Purchase Decision, Product Diversification

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Faktor-faktor yang dianalisis adalah keragaman produk dan kualitas layanan dalam kaitannya dengan keputusan pembelian. Penelitian dilakukan di PT Pos Indonesia Cabang Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi penelitian ini adalah konsumer PT Pos Indonesia Cabang Probolinggo selama April 2022. Sampel diambil dengan metode purposive sampling dan diperoleh total 100 responden. Multiple Linear Analysis digunakan dengan software aplikasi SPSS untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menemukan bahwa keragaman produk dan kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik parsial maupun simultan. Dapat disimpulkan bahwa keragaman produk dan kualitas layanan merupakan faktor yang perlu diperhatikan dalam kaitannya dengan keputusan pembelian.

This research was conducted to determine the factors that influence purchasing decisions. The factors analyzed were Product Diversification and Service Quality in relation to Purchasing Decisions. The research was conducted at PT Pos Indonesia Probolinggo Branch, East Java. The method used in this research is quantitative with a causal associative approach. The population in this study were consumers of PT Pos Indonesia Probolinggo Branch during April 2022. The sample was taken using the purposive sampling method and a total of 100 respondents were obtained. Multiple Linear Analysis is used with the SPSS application tool to examine the relationship between variables. The results of the study found that Product Diversity and Service Quality had a positive and significant effect on purchasing decisions both partially and simultaneously. It can be concluded that product diversity and service quality are factors that need to be considered in relation to purchasing decisions.

References

Abubakar, Rusydi, 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Aprida, Riani, Setyo Adji, Siti Chamidah. 2019. Pengaruh Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Kain Kiloan Aulia Ponorogo): Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntansi, 3(1).

Indrasari, Meithiana, 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Cetakan Pertama. Surabaya: Unitomo Press.

Kridaningsih, Anna. 2020. Pengaruh Harga dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Amino Dari Ultimate Nutrition di Kota Mojokerto: Jurnal JBMA. 7(2).

Merentek, Yumi Febiola, Joyce Lapian, Agus Supandi Soegoto. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada KFC Bahu Mall Manado: Jurnal EMBA, 5(2).

Ogi, Yulianti, Agus Supandi, Jopie Rotinsulu. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk dan Citra Terhadap Keputusan Pembelian Di Matahari Mega Mall Manado: Jurnal EMBA. 6(4).

Priansa, Donni Juni, 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV Pustaka Setia.

Umamsyah, Aldino Yusar, Rieka F. Hutami. 2020. Pengaruh Keragaman Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Coffe Shop Warung Ngombe di Yogyakarta: Jurnal EMBA, 7(2)

Widayanto, MT, N Natan. (2021), “Implementation of Performance Assessment to Determine Employee Performance” International Journal of Science, Technology & Management, 2 (5), p 1582-1587.

Widayanto, M.T. (2022), "Review of Aliekperov, Adyl (2021): creating business and corporate strategy: an integrated strategic system, Routledge", Competitiveness Review, 32(6), pp. 861-864.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Widayanto, M. T., Haris, A., & Syarifah, L. . (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian: (Studi pada PT Pos Indonesia Cabang Probolinggo). Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 29-40. https://doi.org/10.53682/mk.v4i1.5821