DAMPAK PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GMIM TAMBELANG

Authors

  • Meilani Liwan Universitas Negeri Manado
  • Agnes M. Goni Universitas Negeri Manado
  • Juliana M. Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Dampak, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah berfokus untuk mencari tahu bimbingan dan strategi apa saja yang dilakukan guru dalam pembelajaran matematika secara tatap muka terbatas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data guru kelas V dan orang tua peserta didik yang ditentukan dengan teknik purposive smpling. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data/informasi adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data ini dikumpulkan dimana peneliti berkedudukan sebagai alat utama. Data/informasi dianalis dengan analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dampak pembelajaran secara tatap muka terbatas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD GMIM Tambelang memiliki dampak yang signifikan. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan gambaran tentang perencanaan dan syarat minimal yang perlu dipersiapkan satuan pendidikan sebelum pelaksanaan pembelajaran tatap muka (meskipun secara tatap muka terbatas), memberikan gambaran tentang tahapan dan alternatif strategi pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas yang dapat diadaptasi oleh satuan pendidikan, memberikan gambaran tentang alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru dalam pembelajaran tatap muka.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Liwan, M. ., Goni, A. M., & Sumilat, J. M. (2024). DAMPAK PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GMIM TAMBELANG. Bloom Journal, 1(3), 51-58. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11366

Issue

Section

Articles