PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GMIM BUYUNGON

Authors

  • Veren Atika Indri Ottay Universitas Negeri Manado
  • Widdy H.F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Kartini Ester Universitas Negeri Manado

Keywords:

Aplikasi Tiktok, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD GMIM Buyungon. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas V di SD GMIM Buyungon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SD GMIM Buyungon lebih tertarik untuk belajar matematika dengan menggunakan aplikasi Tiktok.  Keaktifan siswa, perhatian mereka, dan peningkatan mereka saat menyelesaikan soal evaluasi menunjukkan peningkatan kualitas proses pembelajaran. Peningkatan dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa dimana pada sikus I diperoleh 68,57%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,85%. Maka terjadi peningkatan skor ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II

Downloads

Published

2024-03-19

Issue

Section

Articles