PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI II TOMOHON
Keywords:
Gaya Mengajar, Hasil belajar, regresi linear sederhanaAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI di SD Negeri II Tomohon. Observasi lapangan mengungkapkan kurangnya keterlibatan siswa dan dominasi guru dalam proses pembelajaran, didukung oleh metode pengajaran monoton dan keterbatasan variasi metode pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VI sebagai sampel penelitian. Maka Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas VI A dan B SD Negeri 2 Tomohon yang ditujukkan dengan besarnya angka R Square adalah 0,622 artinya pengaru gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas VI A dan kelas VI B SD Negeri 2 Tomohon adalah sebesar 62.2%. Dari uji regresi linier sederhana nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinyan terdapat pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa yang signifikan. Dari hasil uji menunjukkan nilai konstanta sebesar 13,430 dengan nilai keofisien regresi X sebesar 0,723 dengan arti bahwa setiap penambahan 1 poin nilai gaya mengajar, maka hasil belajar matematika siswa akan meningkat sebesar 0,723. Hasil belajar siswa yang dianalisis adalah nilai raport. Maka dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri II Tomohon.
