PENERAPAN METODE GASING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD INPRES 1 RUMOONG ATAS

Authors

  • Anggrayni Wollah Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Juliana M. Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Metode GASING, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres 1 Rumoong Atas pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode gampang, asik dan menyenangkan (GASING). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas III SD Inpres 1 Rumoong Atas yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Pada siklus I Tingkat keberhasilan siswa sebesar 72% sedangkan pada siklus II sudah dilakukannya perbaikan-perbaikan sehingga pada siklus II Tingkat keberhasilan siswa sebesar 100 %. Keberhasilan dalam penelitian ini tidak terlepas dari usaha guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu metode gasing. Dengan demikian dapat dikatakan metode gasing dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas Kelas III SD Inpres 1 Rumoong Atas.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Wollah, A. ., Rorimpandey, W. H. F., & Sumilat, J. M. (2025). PENERAPAN METODE GASING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD INPRES 1 RUMOONG ATAS. Bloom Journal, 2(1), 152-157. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11580

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>