PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GMIM RAANAN BARU
Keywords:
Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas IV SD GMIM Raanan Baru. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD GMIM Raanan Baru yang berjumlah 23 siswa. Untuk mendapatkan data maka digunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan non tes. Teknik pengolahan data melalui presentase. Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 68,47% belum berhasil sehingga dilanjutkan pada siklus II. Dan pada siklus II telah mencapai 84,13%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar di kelas IV SD GMIM Raanan Baru. Bertolak dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk lebig memotivasikan siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
