PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD NEGERI 2 POOPO
Keywords:
Model Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar, IPSAbstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 2 Poopo, ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran berlangsung kurang adanya usaha pengembangan kemampuan berpikir siswa. Guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, hal tersebut menyebabkan proses pembelajaran yang tidak menyenangkan kepada peserta didik. Terlihat dari siswa yang hanya bermain dengan teman sebangku dan berjalan-jalan di dalam kelas. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi saya menggunakan model pembelajaran Picture And Picture, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan langsung proses pembelajaran dan tes. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dihitung dengan menggunakan rumus ketuntasan belajar kemudian dikalikan seratus persen (100%). Hasil belajar yang di peroleh pada siklus I yaitu 61,5% dan siklus II mencapai 91% dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 2 Poopo sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS di Kelas IV SD Negeri 2 Poopo, dan disarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran Picture And Picture dalam proses belajar mengajar IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa.