PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN DI KELAS IV SDN INPRES SILIAN DUA

Authors

  • Shintia Syeni Datu Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Yulmi H Mottoh Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem based learning, Hasil Belajar, PPKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn dengan Model Pembelajaran Problem based learning di kelas IV SDN Inpres Silian Dua. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi yang digunakan pada dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan langsung proses pembelajaran dan tes. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dihitung dengan menggunakan rumus ketuntasan belajar. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I yaitu 65,31% dan siklus II mencapai 86,56% dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn di kelas IV SDN Inpres Silian Dua sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar PPKn di Kelas IV SDN Inpres Silian Dua, dan disarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran Problem based learning dalam proses belajar mengajar PPKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2024-03-16

Issue

Section

Articles