PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DIKELAS V SD NEGERI TABABO

Authors

  • Cindya Gais Universitas Negeri Manado
  • Hetty J Tumurang Universitas Negeri Manado
  • Sarah S. N Tombokan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model inquiry, Hasil belajar Siswa, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam matapelajaran IPS tentang Keragaman Suku Bangsa di Indonesia di kelas V SD NEGERI TABABO dengan penggunaan model pembelajaran inquiry. Rancangan yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) rancangan ini terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi dikembangkan oleh kemmis dan MC. Tagart (Aqib Zainal 2006: 31). Data penelian ini diperoleh melalui hasil tes belajar siswa. Dalam pembelajaran inquiry siswa masih terlihat kurang memahami tentang keragaman suku bangsa dan indonesia siswa masih terlihat kaku dalam mengikuti pembelajaran sehingga guru menerapkan model pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPS dikelas V dilaksakan dalam dua siklus. Hasil belajar menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V SD NEGERI TABABO dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran. Hasil yang dicapai pada siklus pertama adalah 67,39% kemudian mengalami peningkatan pada siklus kedua adalah 86,67% dengan kualifikasi yang baik. Berdasarkan hasil penelitian ini maka kesimpulan penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD NEGERI TABABO. Diharapkan pada guru yang mengajar hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang keragaman suku bangsa di Indonesia dikelas V SD NEGERI TABABO.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Gais, C. ., Tumurang , H. J., & Tombokan, S. S. N. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DIKELAS V SD NEGERI TABABO. Bloom Journal, 2(1), 17-25. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11531

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>