PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DIKELAS V SD NEGERI TABABO
Keywords:
Model inquiry, Hasil belajar Siswa, Pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam matapelajaran IPS tentang Keragaman Suku Bangsa di Indonesia di kelas V SD NEGERI TABABO dengan penggunaan model pembelajaran inquiry. Rancangan yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) rancangan ini terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi dikembangkan oleh kemmis dan MC. Tagart (Aqib Zainal 2006: 31). Data penelian ini diperoleh melalui hasil tes belajar siswa. Dalam pembelajaran inquiry siswa masih terlihat kurang memahami tentang keragaman suku bangsa dan indonesia siswa masih terlihat kaku dalam mengikuti pembelajaran sehingga guru menerapkan model pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPS dikelas V dilaksakan dalam dua siklus. Hasil belajar menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V SD NEGERI TABABO dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran. Hasil yang dicapai pada siklus pertama adalah 67,39% kemudian mengalami peningkatan pada siklus kedua adalah 86,67% dengan kualifikasi yang baik. Berdasarkan hasil penelitian ini maka kesimpulan penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD NEGERI TABABO. Diharapkan pada guru yang mengajar hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang keragaman suku bangsa di Indonesia dikelas V SD NEGERI TABABO.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.