PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN INPRES 6/84 WALEHUNIAN SAGERAT

Authors

  • Ervany Saerang Universitas Negeri Manado
  • Marien Pinontoan Universitas Negeri Manado
  • Stelly Viane Manawan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat dengan menerapkan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi dan tes. Teknik analisis data diperoleh dari proses hasil belajar mengajar ditandai dengan meningkatnya hasil belajar dengan menggunakan rumus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil observasi dan tes pada setiap siklus dari penelitian tindakan kelas ini Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus mencakup empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 27 siswa dimana pada siklus pertama hasil belajar yang nilainya mencapai KKM ada 13 siswa baru mencapai 64,4 % sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus yang kedua, yang diperbaiki proses pembelajaran sehingga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat hingga 91,4 %. Dari hasil ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat pada mata Pelajaran IPS

Downloads

Published

2024-03-19

Issue

Section

Articles