KETERLIBATAN IBU DALAM MEMBANTU BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS III SDN INPRES 6/84 WALEHUNIAN SAGERAT DI KOTA BITUNG
Keywords:
Keterlibatan ibu, MembacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan Keterlibatan ibu dalam membantu belajar anak membaca siswa kelas III SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat di Kota Bitung. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan filosofi post positivisme, digunakan untuk meneliti kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan, analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif menekankan makna generalisasi. Subjek penelitian ini adalah 5 ibu dari siswa kelas III. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu Keterlibatan ibu sangatlah aktif, para ibu dalam mendukung perkembangan membaca anak-anak di rumah. Mereka terlibat dalam berbagai cara, termasuk membacakan sebuah cerita atau kisah –kisah di Alkitab, mengatur waktu bermain, memberikan bimbingan, dan menetapkan batasan waktu belajar

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.