PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS V SDN BINTAU

Authors

  • Sisilia Mokoginta Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Juliana Tagupia Universitas Negeri Manado

Keywords:

model cooperative learning tipe think pair share, ketrampilan membaca

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SDN Bintau melalui penerapan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share. mengetahui pengaruh penggunaan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bintau yang berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan siswa saling belajar satu sama lain (kerja kelompok), lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola kelas dan hasil , serta foto dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data perhitungan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 590 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 30%. Pada siklus II memperoleh, nilai rata-rata sebesar 855 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada  siswa khususnya kelas V SDN Bintau.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Mokoginta, S. ., Rorimpandey, W. H. F., & Tagupia, J. (2025). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS V SDN BINTAU. Bloom Journal, 2(1), 105-111. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11554

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>