PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS V SDN BINTAU
Keywords:
model cooperative learning tipe think pair share, ketrampilan membacaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SDN Bintau melalui penerapan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share. mengetahui pengaruh penggunaan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bintau yang berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan siswa saling belajar satu sama lain (kerja kelompok), lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola kelas dan hasil , serta foto dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data perhitungan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 590 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 30%. Pada siklus II memperoleh, nilai rata-rata sebesar 855 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada siswa khususnya kelas V SDN Bintau.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.