PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PELAJARAN IPS KELAS V DI SD GMIM PINARAS

Authors

  • Yosua Soasa Universitas Negeri Manado
  • Widdy H Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Bobby A Lompoliuw Universitas Negeri Manado

Keywords:

: Model PBL, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS kelas V di SD GMIM Pinaras dengan menerapkan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Metode yang digunakan adalah Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan keterlibatan aktif siswa terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar dari 68% (siklus pertama) menjadi 86% (siklus kedua), mencerminkan peningkatan sebesar 18%. Penerapan PBL dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam IPS di SD GMIM Pinaras, memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan pembelajaran. Disarankan agar guru mempertimbangkan metode pembelajaran seperti PBL untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Soasa, Y., Rorimpandey, W. H., & Lompoliuw, B. A. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PELAJARAN IPS KELAS V DI SD GMIM PINARAS. Bloom Journal, 1(1), 24-30. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/9002

Issue

Section

Articles