STRATEGI GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD GMIM 2 TUMPAAN

Authors

  • Charyn E Lampah Universitas Negeri Manado
  • Jeanne Mangangantung Universitas Negeri Manado
  • Susan N. H. Jacobus Universitas Negeri Manado

Keywords:

Teacher Strategy, Learning Interest

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Meningkatkan Minat Belajar IPAS Siswa Kelas V SD GMIM 2 Tumpaan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian naturalistic karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (Natural Setting) Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti dan kondisi obyek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah SD GMIM 2 Tumpaan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023-2024 selama kurang lebih 3 bulan. Penelitian dilakukan setelah Seminar Proposal. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Guru kelas V SD GMIM 2 Tumpaan telah menggabungkan berbagai elemen dalam upaya meningkatkan minat belajar Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS) siswa kelas V. Mereka tidak hanya terpaku pada metode pengajaran konvensional, melainkan mengadopsi pendekatan inovatif dan interaktif untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan relevan. Beberapa elemen kunci yang terungkap dalam hasil penelitian mencakup penerapan tujuan pembelajaran yang jelas, penggunaan materi ajar yang menarik, penggunaan metode pembelajaran aktif, pemanfaatan media pembelajaran yang mendukung, evaluasi berfokus pada tujuan, serta penciptaan atmosfer pembelajaran yang positif, menyenangkan, dan inklusif. Selain itu, guru juga berhasil menarik minat siswa melalui penerapan strategi yang melibatkan keterlibatan aktif, memberikan pemahaman kontekstual melalui objek dan fenomena alam, serta pengembangan keterampilan eksperimental dan pemikiran ilmiah

Downloads

Published

2024-03-15

Issue

Section

Articles