MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS IV SD GMIM PONDOS

Authors

  • Yosua Tambingon Universitas Negeri Manado
  • Mayske R. Liando Universitas Negeri Manado
  • Margareta Oktavia Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD GMIM Pondos, Desa Pondos, Minahasa Selatan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus KB =  × 100%. Hasil yang diperoleh siklus I menunjukan hasil nilai rata-rata belajar siswa yaitu 68%, kemudian pada siklus II menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu 87%. Berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan modelpembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Tambingon, Y. ., Liando, M. R. ., & Sumilat, M. O. (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS IV SD GMIM PONDOS. Bloom Journal, 2(1), 202-207. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11588

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)