PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES TELAP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tentang Pecahan melalui penerapan Media Pembelajaran berbasis Internet dalam bentuk Video Animasi di Kelas V SD Inpres Telap. Metode Penelitian yang dgunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada Desain Penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart dalam penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 68%, sedangkan pada siklus II mencapai 94%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Media Pembelajaran berbasis Internet dapat meningkatkan Hasil Belajar pada siswa kelas V SD Inpres Telap. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika khususnya mengenal pecahan, perlu adanya bimbingan guru dalam melatih peserta didik secara berulang-ulang sehingga proses pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan.