MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS III SD GMIM IV TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini Untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah di kelas III SD GMIM IV Tomohon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 tahap meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) obsevasi, dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD GMIM IV Tomohon.dengan jumlah siswa 26 orang Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I merumuskan ketuntasan klasikal belajar 63.8 % dengan siswa yang tuntas sebanyak 9 orang dan yang belum tunas 17 orang. Kemudian pada siklus II ketuntasan klasikal belajar siswa meningkat menjadi 93,3 % dan jumlah siswa yang tuntas juga meningkat menjadi 24 orang dan yang belum tuntas sebanyak 2 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka disimpulkan bahwa kegiatan literasi dasar dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah di kelas III SD GMIM Tomohon dalam pembelajaran.