PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD INPRES KOLONGAN
Keywords:
Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas V di SD Inpres Kolongan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart Aqib Zainal 2006:22 yang meliputi empat tahap yaitu : 1 perencanaan 2 tindakan 3 observasi 4 refleksi dengan menggunakan dua siklus Teknik analisis data menggunakan rumus KB = nbsp; nbsp; nbsp; 100 Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di kelas V di SD Inpres Kolongan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada siklus I nbsp; pencapaianya 63 23 masih dikatakan rendah dan hasil belajar peserta didik pada siklus II pencapaiannya 87 05 mengalami peningkatan dan hasil belajar peserta didik terlaksana dengan baik < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id