PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD INPRES KOLONGAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas V di SD Inpres Kolongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart (Aqib Zainal 2006:22) yang meliputi empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi, dengan menggunakan dua siklus. Teknik analisis data menggunakan rumus KB = 100 %. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di kelas V di SD Inpres Kolongan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada siklus I pencapaianya 63,23 % masih dikatakan rendah, dan hasil belajar peserta didik pada siklus II pencapaiannya 87,05 % mengalami peningkatan dan hasil belajar peserta didik terlaksana dengan baik.