PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD INPRES KOLONGAN

Main Article Content

Eka M. Dewi
Norma N. Monigir
Brianne E. Jo Komedien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas V di SD Inpres Kolongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart (Aqib Zainal 2006:22) yang meliputi empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi, dengan menggunakan dua siklus. Teknik analisis data menggunakan rumus KB =    100 %. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di kelas V di SD Inpres Kolongan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada siklus I  pencapaianya 63,23 % masih dikatakan rendah, dan hasil belajar peserta didik pada siklus II pencapaiannya 87,05 % mengalami peningkatan dan hasil belajar peserta didik terlaksana dengan baik.

Article Details

Section
Articles