PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 1 PASSI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar dikelas IV SDN 1 Passi yang terletak di Desa Passi, Kecamatan Passi Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara. Nilai belajar siswa tidak mencapai KKM, khususnya di kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di kelas IV terdapat 17 siswa, siswa yang masih mendapat nilai rendah pada ulangan semester yaitu 15 orang belum mencapai KKM, sedangkan 2 orang sudah mencapai KKM. Berdasarkan uraian tersebut, maka peneliti bermaksud melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn siswa kelas IV SDN 1 Passi” untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini, menggunakan tes akhir (Post-test) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 presentase ketuntasan siswa baru mencapai 65% dan setelah dilaksanakan siklus 2 presentase ketuntasan menjadi 88% sehingga terjadi peningkatan presentase ketuntasan sebanyak 23% maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn.