PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 1 PASSI

Authors

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar dikelas IV SDN 1 Passi yang terletak di Desa Passi Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara Nilai belajar siswa tidak mencapai KKM khususnya di kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan PKn Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di kelas IV terdapat 17 siswa siswa yang masih mendapat nilai rendah pada ulangan semester yaitu 15 orang belum mencapai KKM sedangkan 2 orang sudah mencapai KKM Berdasarkan uraian tersebut maka peneliti bermaksud melakukan penelitian tindakan kelas PTK dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning< em> PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn siswa kelas IV SDN 1 Passi untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas classroom action research kolaboratif Penelitian ini menggunakan tes akhir Post test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Pada siklus 1 presentase ketuntasan siswa baru mencapai 65 dan setelah dilaksanakan siklus 2 presentase ketuntasan menjadi 88 sehingga terjadi peningkatan presentase ketuntasan sebanyak 23 maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning< em> PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn < p>

References

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>