PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GMIM VII TOMOHON

Main Article Content

Johanes J. Wohon
Mozes M. Wullur
Mersty E. Rindengan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM VII Tomohon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM VII Tomohon yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan diadakan tes individu pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 63,532 dan siswa yang tuntas belajar mencapai 11 orang atau 40,75%. Karena belum memenuhi kriteria keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan menjadi 92% dengan nilai rata-rata 84,63%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya siswa kelas IV SD GMIM VII Tomohon. Disarankan kepada guru-guru agar lebih memanfaatkan dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran lainnya.

Article Details

Section
Articles