PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI I PONOMPIAAN

Main Article Content

Cira Raupu
Agnes M. Goni
Mozes Y. Legi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran numbered head together di kelas V di SD Negeri 1 Ponompiaan. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) Adapun untuk teknik pengumpulkan data yang diinginkan dan diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti mengunakan teknik tes yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dalam penerapan model NHT agar digunakan dalam pre-test dan pos-test setiap siklus-nya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, lembar observasi yang digunakan untuk memperoleh data aktivitas siswa selama pembelajaran matematika, serta teknik analisa data berupa data rata- rata dan persentase. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pembahasan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,56% dengan nilai rata-rata 72,61 dan pada siklus II sebesar 100%, dengan nilai rata-rata 81,30 atau mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 30,44%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang siswa kelas V di SD Negeri 1 Ponompiaan.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)