PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SD GMIM 4 TOMOHON

Main Article Content

Audrianti Jacobus
Agnes M. Goni
Mozes Y. Legi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V di SD  GMIM 4 Tomohon. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau (PTK) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, tindakan dan refleksi. Dari analisis model pembelajaran jigsaw yang telah diuraikan menunjukan bahwa metode penelitian dilakukan persiapan berupa rancangan pembelajaran berdasarkan materi matematika dalam satuan waktu. Penelitian dilakukan 2 siklus dalam model pembelajaran jigsaw, hasil penelitian siklus I yaitu 59% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan pencapaian 90% maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika di kelas V SD GMIM 4 Tomohon. Di harapkan guru di SD dapat menggunakan siklus model pembelajaran jigsaw agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)