PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD KATOLIK 14 ST PAULUS MANADO

Main Article Content

Eunike F. Kondolele
Agnes M. Goni
Moses Y. Legi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Katolik 14 ST Paulus Manado melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pe;aksanaan (3) observasi (4) refleksi. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan tes hasil belajar siswa. Pencapaian hasil siswa siklus I 57,64%, siklus II memperoleh hasil 85,00%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Katolik 14 ST Paulus Manado. Maka di sarankan bahwa dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, guru hendaknya lebih melatih siswa dengan menggunakan model atau pendekatan pembelajaran yang bervariasi.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)