PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI SD GMIM KOYA

Main Article Content

Randi V. Yaalis
Agnes M. Goni
Katrina Siwi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together di kelas IV di SD GMIM Koya. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IV SD GMIM Koya. Metode penelitian yang digunakan yakni desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data, melalui: lembar kegiatan siswa, tes formatif siklus I dan II, lembar pengamtan aktivitas belajar siswa. Metode NHT dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelaran IPS dan aktivitas belajar siswa apabila, hasil penelitian siswa mencapai rata-rata kelas ≥ 70, persentase tuntas belajar klasikal ≥ 75%. Hasil penelitian siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 68,75 dan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 62,5%. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas yakni menjadi 77,19 dan persentase tuntas belajar klasikal mencapai 87,5%. Nilai rata-rata aktivitas belajar siklus I mencapai 72,41, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM Koya, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran IPS. Disarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat digunakan pada mata pelajaran yang lain guna menigkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>