PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI SD GMIM KOYA

Authors

Keywords:

model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together< em> di kelas IV di SD GMIM Koya Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IV SD GMIM Koya Metode penelitian yang digunakan yakni desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Teknik pengumpulan data melalui: lembar kegiatan siswa tes formatif siklus I dan II lembar pengamtan aktivitas belajar siswa Metode NHT dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelaran IPS dan aktivitas belajar siswa apabila hasil penelitian siswa mencapai rata rata kelas 70 persentase tuntas belajar klasikal 75 Hasil penelitian siklus I nilai rata rata kelas mencapai 68 75 dan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 62 5 Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata rata kelas yakni menjadi 77 19 dan persentase tuntas belajar klasikal mencapai 87 5 Nilai rata rata aktivitas belajar siklus I mencapai 72 41 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80 Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM Koya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran IPS Disarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat digunakan pada mata pelajaran yang lain guna menigkatkan hasil belajar siswa < p>

References

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>