PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GMIM V TOMOHON
Keywords:
Model pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning< em> di Kelas IV SD GMIM V TOMOHON Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas IV SD GMIM V TOMOHON pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam IPA ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas PTK dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart Zainal Aqib 2006 yang terdiri dari empat tahap yaitu 1 Perencanaan 2 Pelaksanaan Tindakan 3 Observasi 4 Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus Pada siklus I mencapai 69 16 sedangkan pada siklus II mencapai 86 45 jadi mengalami peningkatan Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning< em> dapat meningkatkan hasil belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Di SD GMIM V Tomohon < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id