PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN INPRES 6/84 WALENEKOKO

Main Article Content

Aryanto Djenaan
Joulanda A. M. Rawis
Boby A. Lompoliuw

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN Inpres 6/84 Walenekoko dalam penerapan model inkuiri. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian berpa informasi tentang proses dan data hasil peengamatan serta kumpulan setiap tes yang dilakukan pada akhir setiap siklus .Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 9 orang yang terdiri dari 3 orang perempuan dan 6 orang laki-laki.


Pelaksaan penelitian ini dari dua siklus yang dilaksanakan dalam pembelajaran dengan menggunakan penerapan model inkuiri dikelas V SDN INPRES 6/84 Walenekoko, ternyata hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan. Pada pelaksanaan siklus I hasil belajar siswa rata-rata 71,1% dan pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,8%. Jadi, kesimpulan dengan peenggunaan model penggunaan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Inpres 6/84 Walenekoko.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)