MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN TONSEWER
Keywords:
Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Problem Based Learning (PBL)Abstract
Pendidikan menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas manusia dan upaya peningkatan kualitas Manusia, masih banyak siswa yang mendapat nilai pemebelajaran dibawah KKM karena berbagai factor, salah satunya penggunaan mode pembelajaran yang momoton. Tujuan dalam penelitan ini adalah Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN Tonsewer. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus dengan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini Terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dari siklus pertama 67,50% ke siklus kedua 82,79% dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Peningkatan ini menandakan efektivitas PBL dalam meningkatkan prestasi belajar siswa secara menyeluruh, yang tercermin dari lonjakan nilai rata-rata dan pencapaian siswa di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini mengindikasikan bahwa PBL memberikan dampak positif dalam mencapai tujuan pembelajaran.