IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DI SD GMIM IV TOMOHON

Main Article Content

Juniver M. Pesak
Marthinus M. Krowin
Margareta O. Sumilat

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui tentang implementasi pembelajaran berbasis HOTS di SD GMIM IV Tomohon. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif, dengan metode  wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini yakni sumber data primer dan sumber data sekunder, yakni sumber data primernya berasal dari kepala sekolah, guru-guru kelas IV, serta beberapa siswa. Setelah melewati berbagai  prosedur penelitian yakni analisis data yang melalui tiga tahap yaitu mengoleksi data, reduksi data, kemudian konklusi, kemudian dilakukan pengujian terhadap keabsahan data dengan menggunakan triangulasi, maka didapati hasil penelitian sebagai berikut : 1) Implementasi pembelajaran Higher Order Thinking Skil yaitu: a) menelaah informasi secara kritis, melalui apersepsi berupa video, gambar, contoh kasus, kegiatan literasi yang kemudian ditanggapi atau dikritisi baik berupa isi maupun bentuknya b) menciptakan daya kreatif siswa, melalui pengamatan atau penelitian untuk menemukan sendiri jawabannya, membuat laporan praktikum, atau membuat sebuah karangan dan c) meningkatkan kemampuan memecahkan masalah melalui diskusi, debat dan membuat soal-soal HOTS 2),  Hambatan dalam penerapan pembelajaran Higher Order Thinking Skill yaitu: a) HOTS belum familiar bagi siswa dan guru, b) waktu yang terbatas dan c) kurangnya fasilitas dalam pembelajaran berbasis HOTS.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>