PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS III SD INPRES 482 LOLAH
Keywords:
Model Project Based Learning, Kemampuan Membaca, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada materi tentang Membaca Permulaan melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kleas III Sd Inpres 482 Lolah . Penelitian ini menggunakan model spiral kemmis dan Mc Taggart (Aqib Zainal, 2006:22), yang terdiri atas 4 tahap, Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang digunakan dalam II siklus. Subjek penelitian ini adalah untuk kelas III SD Inpres 482 Lolah dengan jumlah siswa 16 orang, yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 10 perempuan. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik pengumpulan data observasi dan hasil tes siswa. Analisis data menunjukkan bahwa hasil pembelajaran saat melakukan tindakan mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut di tujukan dari hasil analisis yang didapatkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I adalah 72% dan pada siklus II adalah 90 %. Dari hasil penelitiann dan membandingkan setiap siklus maka terlihat peningkatan pada hasil belajar siswa, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi membaca permulaan. Maka pelaksanaan tindakan dapat dinyatakan berhasil. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca dalam mata pelajaran bahasa indonesia bagi siswa kelas III Sd Inpres 482 Lolah. Saran bagi guru agar bisa dapat menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III serta siswa lebih memahami pelajaran dan cara belajar bersama dalam kelompok.