PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD GMIM NOONGAN

Main Article Content

Novita Tuju
Stien Dien
Steven Mandey

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan Penerapan Model Pembelajaran Role playing pada siswa kelas V SD GMIM Noongan. Model penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis dan MC Taggart (dalam Aqib Zainal, 2006:31) dengan tahap (1) perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD GMIM Noongan berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes hasil belajar. Hasil belajar diperoleh melalui tes saat dilakukan tindakan mengalami peningkatan. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 52,92% dikatan belum berhasil sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II adalah 91,6%. Dengan demikian hasil yang diperoleh mengalami peningkatan sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia dengan menggunakan Model Pembelajaran Role playing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa dikelas V SD GMIM Noongan. Berdasarkan kesimpulan tersebut sangat diharapkan guru untuk dapat menerapakan model pembelajaran dalam proses pembelajaran, dan diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar.

Article Details

Section
Articles