PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD GMIM NOONGAN

Authors

Keywords:

Model Pembelajaran Role playing, Hasil belajar Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan Penerapan Model Pembelajaran Role playing< em> pada siswa kelas V SD GMIM Noongan Model penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan MC Taggart dalam Aqib Zainal 2006:31 dengan tahap 1 perencanaan 2 Tindakan 3 Observasi 4 Refleksi Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD GMIM Noongan berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki laki Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara tes hasil belajar Hasil belajar diperoleh melalui tes saat dilakukan tindakan mengalami peningkatan Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 52 92 dikatan belum berhasil sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II adalah 91 6 Dengan demikian hasil yang diperoleh mengalami peningkatan sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatan berhasil Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia dengan menggunakan Model Pembelajaran Role playing< em> dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa dikelas V SD GMIM Noongan Berdasarkan kesimpulan tersebut sangat diharapkan guru untuk dapat menerapakan model pembelajaran dalam proses pembelajaran dan diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar < p>

References

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)