MENANAMKAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV DI SD KATOLIK St. FRANSISKUS XAVERIUS KAKASKASEN

Main Article Content

Anisa Tinungki
Richard D.H Pangkey
Sarah S. N. Tombokan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif yang terdiri tahap reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitiannya terdiri atas guru dan siswa. Data  dikumpulkan melalui  teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) menanamkan sikap sosial melalui pembelajaran IPS Di SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Kakaskasen dapat ditanamkan melalui pembelajaran IPS. Dengan cara menanamkan nilai-nilai sikap dalam pembelajaran IPS melalui kemampuan guru dalam memberikan contoh interaksi yang baik kepada siswa baik didalam kelas maupun diluar kelas. 2) faktor pendukung menanamkan sikap sosial siswa adalah guru, orang tua dan lingkungan sekitar termasuk teman sebayanya, karena dengan melihat perilaku baik yang dilihatnya dari guru, orang tua maupun teman sebaya maka siswa juga akan meniru perilaku baik itu juga. 3) faktor penghambat menanamkan sikap sosial siswa adalah bisa dari siswa itu sendiri, guru, maupun orang tuanya. Karena dalam menanamkan sikap sosial pada siswa, guru dan orang tua bukan hanya menjadi pendukung, tetapi bisa juga menjadi penghambat untuk siswa. Kemudian di era modern ini gadget juga merupakan penghambat dalam menanamkan sikap sosial pada siwa.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)