POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS III DI SD KATOLIK Sta. THERESIA PAREPEI KECAMATAN REMBOKEN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam pembelajaran di masa pandemi pada siswa kelas III di SD Katolik Sta.Theresia Parepei Kecamatan Remboken. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian Pola asuh orang tua merupakan pola perilaku yang diterapkan pada anak dan bersifat relative konsisten dari waktu ke waktu. Bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam pembelajaran di masa pandemi pada siswa kelas III di SD Katolik Sta.Theresia Parepei Kecamatan Remboken. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian berjumlah lima orang tua siswa, dan Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara semi terstruktur dan observasi. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari semua orang tua yang diwawancarai hanya ada dua orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter. Dan tipe pola asuh permisif tidak termasuk dari pola asuh orang tua yang di terapkan selama pembelajajan di masa pandemi ini. Dari semua orang tua yang di wawancarai tipe pola asuh demokratis sifatnya sangat banyak diterapkan oleh orang tua.