PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD KATOLIK STELLA MARIS GIRIAN

Main Article Content

Angelina Kaurow
Norma N. Monigir
Katrina Siwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model Talking Stick pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Katolik Stella Maris Girian. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan MC Taggart yang meliputi 4 tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Hasil belajar siklus I mencapai 63, 33% dan pada siklus II lebih meningkat dapat dilhat mencapai 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Katolik Stella Maris Girian. Dari kesimpulan diatas dapat disarankan bahwa Penerapan model Talking Stick merupakan salah satu gambaran yang dapat membantu mahasiswa PGSD sebagai calon guru SD untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>