PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD GMIM KAROWA
Keywords:
Model Pembelajaran Role Playing, Hasil belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan Model Pembelajaran Role Playing< em> pada siswa kelas V SD GMIM Karowa Metode penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart dalam Aqib Zainal 2006:31 dengan tahap 1 Perencanaan 2 Tindakan 3 Observasi 4 Refleksi Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD SD GMIM Karowa berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki laki nbsp; Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara tes hasil belajar Hasil belajar diperoleh melalui tes saat dilakukan tindakan mengalami peningkatan Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 52 92 dikatakan belum berhasil sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II nbsp; adalah 91 6 Dengan demikian hasil yang diperoleh mengalami penigkatan sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar IPS dengan menggunakan Model Pembelajaran Role Playing< em> dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa dikelas V SD GMIM Karowa Berdasarkan kesimpulan tersebut sangat diharapkan guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran dalam proses pembelajaran dan diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id