PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD GMIM KAROWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan Model Pembelajaran Role Playing pada siswa kelas V SD GMIM Karowa. Metode penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart (dalam Aqib Zainal, 2006:31) dengan tahap (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD SD GMIM Karowa berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes hasil belajar. Hasil belajar diperoleh melalui tes saat dilakukan tindakan mengalami peningkatan. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 52,92% dikatakan belum berhasil sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II adalah 91,6%. Dengan demikian hasil yang diperoleh mengalami penigkatan sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar IPS dengan menggunakan Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa dikelas V SD GMIM Karowa. Berdasarkan kesimpulan tersebut sangat diharapkan guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran dalam proses pembelajaran, dan diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar.