PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD KATOLIK STELLA MARIS GIRIAN

Authors

Keywords:

Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model Talking Stick < em>pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Katolik Stella Maris Girian Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan MC Taggart yang meliputi 4 tahap yaitu : 1 perencanaan 2 tindakan 3 observasi 4 refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus Hasil belajar siklus I mencapai 63 33 dan pada siklus II lebih meningkat dapat dilhat mencapai 93 33 Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick < em>dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Katolik Stella Maris Girian Dari kesimpulan diatas dapat disarankan bahwa Penerapan model Talking Stick< em> merupakan salah satu gambaran yang dapat membantu mahasiswa PGSD sebagai calon guru SD untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran < p>

References

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>