PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD KATOLIK STELLA MARIS GIRIAN
Keywords:
Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model Talking Stick < em>pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Katolik Stella Maris Girian Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan MC Taggart yang meliputi 4 tahap yaitu : 1 perencanaan 2 tindakan 3 observasi 4 refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus Hasil belajar siklus I mencapai 63 33 dan pada siklus II lebih meningkat dapat dilhat mencapai 93 33 Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick < em>dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Katolik Stella Maris Girian Dari kesimpulan diatas dapat disarankan bahwa Penerapan model Talking Stick< em> merupakan salah satu gambaran yang dapat membantu mahasiswa PGSD sebagai calon guru SD untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id