PENGARUH PENGGUNAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PENJUMLAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SD GMIM BUYUNGON
Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Metode Demonstrasi, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran pohon penjumlahan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan nontes. Instrumen tes telah diuji menggunakan validitas konstruk. Instrumen tesdiuji reliabilitasnya dengan hasil soal pretest sebesar 0,986 dan posttest sebesar 0,852 yang berarti soal sudah dalam kategori reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pemanfaatan media pembelajaran pohon penjumlahan terhadap hasil belajar matematika terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh perlakuan ditunjukan dengan r = 0,6178, r2 = 0,3816 yang dalam presentase adalah 38,16% atau memiliki efek besar dalam penggunaan media pembelajaran pohon penjumlahan terhadap hasil belajar Matematika siswa siswa kelas I.