PENGARUH PENGGUNAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PENJUMLAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SD GMIM BUYUNGON

Authors

  • Chanda N. Rampisela Universitas Negeri Manado
  • Agnes M. Goni Universitas Negeri Manado
  • Deddy F. Kumolontang Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Metode Demonstrasi, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran pohon penjumlahan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan nontes. Instrumen tes telah diuji menggunakan validitas konstruk. Instrumen tesdiuji reliabilitasnya dengan hasil soal pretest sebesar 0,986 dan posttest sebesar 0,852 yang berarti soal sudah dalam kategori reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pemanfaatan media pembelajaran pohon penjumlahan terhadap hasil belajar matematika terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh perlakuan ditunjukan dengan r = 0,6178, r2 = 0,3816 yang dalam presentase adalah 38,16% atau memiliki efek besar dalam penggunaan media pembelajaran pohon penjumlahan terhadap hasil belajar Matematika siswa siswa kelas I.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>