PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MODAYAG

Main Article Content

Angela N. Rumambi
Widdy H. F. Rorimpandey
Risal M. Merentek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan internet sebagai sunber belajar terhadaap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas IV SD Negeri 1 Modayag. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey, dalam pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner (angket) menggunakan skala likert.


Hasil penelitian menggambarkan bahwa nilai konsisten variabel hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Modayag adalah sebesar 9,765. Koefisien regresi X sebesar 0,829 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai penggunaan internet sebagai sumber belajar, maka nilai hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas IV SD Negeri 1 Modayag bertambah sebesar 0,829. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh variabel penggunaan internet sebagai sumber belajar (X) terhadap variabel hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas IV SD Negeri 1 Modayag. Pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar memberikan pengaruh sebesar 88,3% terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Modayag.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3