PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS ULUINDANO TOMOHON

Main Article Content

Fuja N. Mokodompit
Widdy H. F. Rorimpandey
Jeanne Mangangantung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano Tomohon, melalui penerapan Model Direct Instruction. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmmis dan Mc Taggart. Subjek Penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa 17 orang, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus mencakup empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan tes. Sesuai dengan materi pembelajaran yaitu tema tujuh indahnya keragaman di negeriku, maka tes yang dilakukan adalah tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajara Direct Instruction dengan media dan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi pada setiap siklus dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari hasil analisis yang didapatkan bahwa nilai hasil ketuntasan belajar siklus I 67% dan siklus II meningkat menjadi 93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Direct Instruction dengan tema indahnya keragaman di negeriku dapat meningkat hasil belajar IPA pada siswa yang ada di kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano Tomohon.

Article Details

Section
Articles