PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SD INPRES PERUMNAS ULUINDANO TOMOHON

Main Article Content

Nurhalisa Mokoagow
Mersty E. Rindengan
Deddy F. Kumolontang

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SD Inpres Perumnas Uluindano Tomohon Siswa kelas IV dalam pembelajaran “Tema 8 (Daerah Tempat Tinggalku) Materi Cerita Fiksi” proses pembelajaran yang berlangsung masih terpusat pada guru dan hanya terfokus pada buku teks saja guru hanya menggunakan metode ceramah, siswa kurang dilibatkan saat guru menjelaskan materi yang dipelajari. Ini berdampak pada hasil belajar yang dicapai siswa masih kurang. Penilaian akhir yang dilakukan guru, dari jumlah siswa 17 orang hanya ada 5 orang yang sudah mencapai KKM dan sisanya 12 orang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sisawa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku materi Cerita Fiksi melalui penerapan Model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano Tomohon. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian Tindakan kelas, dengan mengikuti desain penelitian yang dikemukakan Kemmis dan Taggart dengan dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil Pembelajaran yang diperoleh pada siklus I mencapai 60,29 % sedangkan pada siklus II mencapai 86,76 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano Tomohon. Saran sebaiknya guru kelas IV dapat menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku khususnya Materi Cerita Fiksi agar siswa dapat dilibatkan langsung dalam memecahkan masalah.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>